Halaman

Minggu, 27 Mei 2012

Tips Cara Memilih Domain Yang Baik Supaya Mudah di Index Google


Nama domain yang simpel dan bagus tentunya akan lebih mudah diingat oleh teman, sahabat, rekan bisnis, keluarga, pelanggan maupun calon pembeli. Walaupun nama domain bukan merupakan faktor utama untuk Optimasi Blog minimal bisa dijadikan salah satu pendukung agar blog kita makin SEO friendly dan lebih disegani Search Engine. Walaupun nama domain bukan merupakan faktor utama untuk Optimasi Blog minimal bisa dijadikan salah satu pendukung agar blog kita makin SEO friendly dan lebih disegani Search Engine. Maka dari itu tanpa panjang lebar lagi saya akan mencoba berbagi tips mengenai bagaimana cara memilih domain yang baik dan tepat. 

Berikut ulasannya :

1. Singkat Dan Mudah Diingat.

Domain yang singkat dan mudah diingat akan memberikan traffic pengunjung yang lebih banyak.

2. Mudah Dibaca Dan Dilafalkan.

Domain yang baik dan bagus akan mudah dibaca dan dilafalkan oleh teman, sahabat, rekan bisnis, keluarga, pelanggan, maupun calon pembeli.. Tentu nama domain tersebut sangat susah bukan? Kemudahan nama domain untuk dibaca akan mengurangi resiko mistype atau salah ketik oleh pengunjung website.

3. Hindari Pemakaian Angka.

Misalkan angka 1 untuk mewakili one atau wan, 2 untuk mewakili two atau to, 4 untuk mewakili four atau for dan sebagainya. Misal : Bisnis4Us.com atau C0b4-C0b4.com atau Ahmad909.com. Meskipun mudah diingat, tapi hal tersebut akan meningkatkan kemungkinan error atau salah mengetikkan di browser ketika diucapkan.

4. Minimalisir penggunaan tanda hubung (-) dash

Aslinya sah - sah menggunakan tanda hubung strip atau dash ini. Bila nama domain yang kita inginkan misalkan BatikPekalongan.com sudah ada yang memilikinya, namun kita tetap ingin menggunakan nama domain tersebut maka Batik-Pekalongan.com bis dijadkan alternatif yang kedua.

5. Berkaitan dengan Isi dari Website Anda.

Cari nama domain yg sedekat mungkin dengan konten website-nya. Misalkan jika mau berjualan laptop yang kebetulan kita berdomisili di wilayah Jogja dan Sekitarnya. Maka akan lebih tepat menggunakan nama domain JogjaLaptop.com. Jika kita ingin berbagi ilmu yang kita miliki mengenai tutorial blogging dan optimasi Seo maka lebih tepat menggunakan nama domain BelajarSeo.com atau BloggingTips.com. Intinya semakin dekat makna kata dalam domain dengan isi website, otomatis akan membantu pengunjung web untuk mengingat nama domain kita.

6.  Nama Domain Jangan Melanggar Hak Cipta

·  Hanya boleh menggunakan huruf, angka dan tanda minus “-”.
·  Spasi dan simbol lainnya, seperti garis bawah “_” tidak diperbolehkan.
·  Domain tidak boleh diawali maupun diakhiri dengan tanda minus “-”.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari usahakan kita tidak memakai nama domain yang sudah ada hak ciptanya seperti menggunakan merek - merek besar. Jika sobat bukan pemilik atau pemegang akses atas domain misalnya situs Indosat.com, jangan sekali - kali sobat menggunakan nama domain seperti AgenIndosat.com atau Indosat-Resmi.com. Padahal isi dari website sobat hanya berjualan pulsa atau nomor hp. Sobat tidak akan pernah tahu kapan pemegang merk akan merasa tersinggung atau terganggu dengan nama domain sobat. Lalu mengadukannya ke pengadilan atas masalah pelanggaran hak cipta.

Demikianlah Tips Cara Memilih Domain Yang Baik Supaya Tidak Melanggar Aturan Hak Cipta

0 komentar:

Posting Komentar